Mengenal Vegan dan Vegetarian yang Ternyata Punya Perbedaan

- 15 Maret 2023, 10:40 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /Pexels/

Oke Jambi - Vegan dan vegetarian merupakan istilah yang tak asing lagi di telinga masyarakat. Karena penyebutan kata yang terdengar mirip, seringkali vegan dan vegetarian dianggap memiliki makna yang sama. Meski keduanya dikenal sama-sama menghindari olahan hewan, ternyata vegan dan vegetarian ini memiliki perbedaan.

Dikutip dari Healthline, seorang vegetarian tidak makan daging, unggas, atau ikan. Seorang vegan adalah vegetarian yang lebih ketat yang juga menghindari konsumsi susu, telur, dan bahan lain yang berasal dari hewan.

Perbedaan vegan dan vegetarian

Munculnya gaya hidup vegan dimulai sejak tahun 1944 sebagai ketetapan dalam pola makan, namun di tahun 1988 istilah vegan ini memiliki makna baru yaitu untuk menghindari eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan.

Baca Juga: Bagaimana Tetap Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan? Berikut Tips yang Bisa Dilakukan

Vegan menghindari kekejaman terhadap hewan dan tak hanya pada makanan tetapi juga pakaian. Selain menghindari pola makan yang diolah dari daging hewan, dalam kehidupan sehari-hari seorang vegan juga menghindari produk hewani. Adapun produk hewani yang dimaksud yaitu seperti sutra, kulit, wol, kosmetik atau produk yang melakukan proses uji pada hewan, sabun, dan produk produk lain yang di dalamnya mengandung lemak hewan.

Sementara vegetarian menghindari pemotongan daging, tidak memakan ikan dan lainnya, tetapi masih bisa mengkonsumsi produk susu, madu, dan telur. Hal ini yang menjadi perbedaan di antara vegan dengan vegetarian, secara pola makan vegan lebih ketat daripada vegetarian. Keduanya memiliki tujuan yang sama-sama menghindari pemotongan daging demi berkurangnya eksploitasi terhadap hewan.

Menurut Journal Of American Dietetic Association, pola makan vegan atau vegetarian yang dipikirkan dengan matang dan terencana ternyata dapat mencukupi nutrisi, dan bisa memberi kehidupan lebih sehat bagi seseorang yang menjalani kehidupan dengan pola makan ini. Tetapi, pola makan vegan dan vegetarian seringkali tidak melingkupi nutrisi sebagai berikut:

1. Vitamin B-12, vitamin ini tidak sering ditemukan pada makanan nabati. Dengan mengkonsumsi suplemen b12, vegan dan vegetarian dapat memenuhi kebutuhan nutrisi demi menjaga kesehatan jantung dan mendukung sistem saraf.

2. Zinc dan Omega 3.

3. Vitamin B-6.

Halaman:

Editor: Hajrin Febrianto

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah