Amalan Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

- 15 Maret 2023, 10:59 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /Pixabay/

Oke Jambi – Umat muslim menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, untuk meraih pahala dan berkah dari bulan yang istimewa ini. Di bulan Ramadhan pula ada beberapa amalan yang bisa dilakukan seperti berikut:

Melaksanakan sahur

Salah satu amalan sunnah di bulan Ramadhan adalah sahur, yang mana sahur pula merupakan suplai tenaga untuk di siang hari. Sahur dilakukan dengan diakhiri selama tidak masuk pada waktu yang diragukan, seperti saat masih malam atau sudah ketika terbit fajar. Rasulullah saw bersabda, yang artinya: “Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka,” (HR Ahmad).

Menyegerakan puasa

Ada baiknya umat muslim yang menjalankan puasa untuk segera berbuka ketika waktu Maghrib telah tiba. Kemudian berbuka sangat dianjurkan dengan memakan kurma atau bisa dengan mengkonsumsi air mineral.

Baca Juga: Berikut 6 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

Mandi besar

Mandi besar dari haid, junub, ataupun nifas sebelum terbit fajar guna dapat menunaikan ibadah dalam keadaan yang suci, agar tak mendatangkan kekhawatiran adanya air yang masuk ke mulut, anus, telinga dan sebagainya jika melakukan mandi ketika setelah waktu fajar.

Menjaga ucapan

Bagi orang yang menjalankan puasa sebaiknya menjaga ucapan dari perkataan yang tidak bermanfaat, selain dapat menimbulkan dosa, ha tersebut dapat mengurangi pahala dari puasa.

Menghindari hal yang tidak sejalan dengan hikmah puasa

Salah satu hal seperti berbuka puasa dalam keadaan sampai perut menjadi terasa kekenyangan atau melakukan hal dengan tujuan memuaskan nafsu, merupakan hal sebaiknya dihindari karena tak sejalan dengan hikmah dari puasa.

Memperbanyak puasa

Umat muslim yang berpuasa, hendaknya melakukan amalan dengan memperbanyak sedekah kepada sesama seperti minuman maupun makanan untuk berbuka puasa. Hal dapat mendatangkan pahala bagi orang yang berpuasa yang melakukan sedekah kepada orang yang disedekahi.

Memperbanyak i'tikaf di masjid

Melakukan i'tikaf sebaiknya dilaksanakan selama satu bulan penuh, namun bisa pula dilaksanakan pada hari yang diutamakan yaitu sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, karena hari tersebut terdapat malam Lailatul Qadar.

Memperbanyak membaca Alquran

Selama bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah ini semakin banyak melakukan khatam semakin baik, tetapi jika tidak bisa setidaknya mengkhatamkan Alquran satu kali dalam satu bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: Hajrin Febrianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah