Hal Apa Saja yang dapat Membatalkan Puasa? yuk Simak Penjelasannya

- 23 Maret 2023, 19:55 WIB
Gambar Kaligrafi Ramadhan Kareem.
Gambar Kaligrafi Ramadhan Kareem. /Pixabay/Mila Okta Safitri/

Oke Jambi - Memasuki suasana Ramadhan, umat muslim menjalankan ibadah puasa dengan memaksimalkan kewajiban yang mendatangkan pahala. Mulai dari menahan lapar, dahaga, dan menahan hawa nafsu. Di samping melaksanakan ibadah puasa, umat muslim juga wajib menghindari hal hal yang dapat membatalkannya. Dilansir dari laman nu.or.id, berikut hal hal yang perlu diketahui terkait apa saja yang membatalkan puasa.

Masuknya sesuatu ke dalam tubuh secara sengaja.

Maknanya, hindari sesuatu yang membatalkan puasa serta jangan sampai ada sesuatu yang secara sengaja masuk ke dalam tubuh, yang melalui salah satu lubang yang berpangkal pada jauf atau organ bagian dalam, seperti mulut, telinga, hidung. Apabila perkara itu terjadi secara tidak sengaja, maka puasa tetap dikatakan sah.

Berobat atau pengobatan.

Berobat dengan cara memasukkan obat atau benda yang dilakukan melalui qubul (lubang bagian depan) ataupun dubur (lubang bagian belakang). Seperti pengobatan untuk orang yang sedang menderita ambeien atau orang yang sakit dengan melakukan pengobatan dengan memasang kateter urin.

Baca Juga: Amalan Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Muntah yang disengaja.

Seseorang yang muntah karena tidak disengaja ini tidak membatalkan puasa selama tidak ada muntahan yang ditelan.

Hubungan suami dan istri.

Melakukan hubungan suami istri di siang hari bulan puasa, bukan hanya membatalkan puasa tetapi juga dikenai kafarat. Kafarat merupakan denda, yang mana denda itu harus dilakukan dengan melaksanakan puasa di luar puasa Ramadhan, dijalankan selama dua bulan berturut-turut. Jika tidak melaksanakan denda tersebut orang tersebut harus memberi makan satu mud kepada enam puluh fakir miskin.

Halaman:

Editor: Hajrin Febrianto

Sumber: nu.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah