Sukses dalam Sidang Umum ke-42! Indonesia Terpilih sebagai Anggota Dewan Eksekutif UNESCO 2023–2027

- 21 November 2023, 14:15 WIB
Sukses dalam Sidang Umum ke-42! Indonesia Terpilih sebagai Anggota Dewan Eksekutif UNESCO 2023–2027
Sukses dalam Sidang Umum ke-42! Indonesia Terpilih sebagai Anggota Dewan Eksekutif UNESCO 2023–2027 /Instagram @kemdikbud.ri/

Oke Jambi - Indonesia meraih prestasi gemilang sebagai anggota Dewan Eksekutif UNESCO periode 2023–2027. Keberhasilan ini terungkap dalam Sidang Umum ke-42 UNESCO di Markas Besar UNESCO, Paris, Prancis, pada tanggal 15 November 2023.

“Dengan kerja sama yang baik antara KBRI Paris, Kementerian Luar Negeri, Komisi Nasional Indonesia untuk Unesco (KNIU), Kantor Wakil Republik Indonesia untuk Unesco (KWRIU), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), serta Kementerian/Lembaga lainnya, Indonesia berhasil mendapatkan dukungan positif dari negara anggota Unesco lain, sehingga Indonesia bisa memperoleh tempat di Dewan Eksekutif Unesco,” tutur Ketua Harian KNIU, Itje Chodidjah, di Paris, pada Selasa (15/11/2023), dikutip dari laman Kemendikbud.go.id.

Indonesia bersaing ketat dengan 8 negara lain di kawasan Asia Pasifik untuk merebut 6 alokasi kursi Dewan Eksekutif UNESCO. Negara-negara pesaing tersebut meliputi Afghanistan, Australia, Bangladesh, Iran, Kyrgistan, Pakistan, Korea, dan Sri Lanka.

Dalam pemilihan yang dilakukan, Indonesia berhasil meraih dukungan suara dari 154 negara, menegaskan posisinya sebagai pemimpin di tingkat global.

Selain Indonesia, beberapa negara Asia-Pasifik lainnya juga terpilih sebagai anggota Dewan Eksekutif untuk periode yang sama. Pakistan mendapatkan 157 suara, Bangladesh 144 suara, Sri Lanka 144 suara, Korea Selatan 129 suara, dan Australia 114 suara.

Keberhasilan ini menunjukkan kepercayaan dunia internasional terhadap peran Indonesia dalam memajukan isu-isu pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, komunikasi, dan informasi di tingkat global.

Halaman:

Editor: Husnul Khotimah

Sumber: Kemendikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x