Keberadaan Uranus Secara Jelas, Ternyata dapat Dilihat dengan Alat Khusus 'Sky and Telescope Moons Uranus'

- 31 Oktober 2021, 03:45 WIB
Uranus dalam tata surya
Uranus dalam tata surya /skyandtelescope.org

OKEJAMBI.COM - Rotasi menyamping Uranus menyebabkan musim yang ekstrim. Selama musim panas, misalnya, belahan utara planet ini mengalami 21 tahun sinar matahari terus menerus.

Sementara sebagian besar dari kita akan melihat piringan tanpa ciri. Ada cara untuk memahami putaran miring planet ini, yang disebabkan oleh porosnya yang miring pada 98°. 

Baca Juga: Biaya Yang Menggiurkan Akan Memaksa Man United Jika Menejemen Memecat Solskjaer

Uranus berputar pada sisinya seperti bagian atas yang terbalik. Karena bulan-bulan planet ini sejajar dengan khatulistiwa, mereka tidak berayun dari sisi ke sisi seperti bulan-bulan paling terang di Jupiter, tetapi mengelilingi planet ini sebagai gantinya.

Dua dari 27 bulan planet yang  diketahui terlihat di teleskop 10 inci dan lebih besar Titania pada magnitudo 13,9 dan Oberon pada magnitudo 14,1. Carilah mereka di sekitar waktu perpanjangan maksimum ketika jarak mereka dari Uranus masing-masing sekitar 30″ dan 40″. 

Baca Juga: Ukuran Uranus Ternyata Sebesar 4 Kali Diameter Bumi dan 2 Kali Ukuran Bulan Ganymede Jupiter

Saya melihat keduanya secara samar dengan pandangan yang terhalang pada reflektor 15 inci dengan perbesar 245×, tetapi 429× memberikan tampilan yang jauh lebih baik. Sky & Telescope Moons Uranus  menjadi alat yang akan membantu Anda menemukan mereka.

Saat cuaca yang lebih dingin bergerak masuk dan Matahari semakin tenggelam, berhati-hatilah. Jauh lebih buruk di Uranus, di mana bintang kita tidak lebih dari sebuah titik terang yang menyilaukan yang hampir tidak dapat dipecahkan dengan mata telanjang dan jauh lebih pedih. Biarkan fakta dingin ini memotivasi Anda untuk mengunjungi planet ini pada malam yang cerah berikutnya.***

Editor: Anisa Nabilah Hidayati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network