WAJIB TAU! Genggaman Tangan Lemah Itu Tanda 7 Masalah Kesehatan Serius Menghampiri Anda

- 15 November 2023, 07:21 WIB
Ilustrasi Genggaman Tangan
Ilustrasi Genggaman Tangan /sweetlouise

Oke Jambi - Genggaman tangan yang kuat sering dianggap sebagai tanda percaya diri yang tinggi, namun tahukah Anda bahwa genggaman yang lemah dapat menjadi petunjuk adanya risiko kesehatan yang serius? Mark Peterson, PhD, seorang associate professor di bidang riset kedokteran rehabilitasi dari University of Michigan di AS, mengungkapkan bahwa genggaman tangan yang lemah dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang perlu diperhatikan.

Pentingnya Genggaman Tangan

Studi-studi yang dilakukan menunjukkan bahwa kekuatan genggaman tangan bukan hanya sekadar indikator kepercayaan diri, tetapi juga dapat menjadi prediktor kesehatan yang signifikan. Untuk mengukur kekuatan genggaman tangan, digunakan alat bernama dinamometer tangan. Pasien hanya perlu menggenggam alat ini dan meremasnya sekuat mungkin.

Hubungan dengan Sistem Imun

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa genggaman tangan yang lemah dapat berhubungan dengan penurunan sistem imun. Sistem imun yang lemah dapat meningkatkan risiko terkena infeksi dan penyakit. Oleh karena itu, memiliki genggaman tangan yang kuat dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Risiko Kesehatan Terkait Genggaman Tangan Lemah

Menurut Peterson, genggaman tangan yang lemah dapat berkaitan dengan sejumlah risiko masalah kesehatan. Berikut adalah tujuh masalah kesehatan yang mungkin terkait dengan genggaman tangan yang lemah:

  1. Diabetes Tipe 2: Orang dengan genggaman tangan yang lemah memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

  2. Penyakit Jantung: Kondisi ini juga dapat menjadi prediktor penyakit jantung, mengingat kesehatan jantung sering kali terkait dengan kebugaran fisik secara keseluruhan.

  3. Kanker: Beberapa studi menemukan hubungan antara genggaman tangan lemah dan peningkatan risiko kanker.

  4. Demensia dan Penyakit Alzheimer: Genggaman tangan yang lemah dapat menjadi faktor risiko untuk penyakit neurodegeneratif seperti demensia dan Alzheimer.

  5. Depresi: Kondisi kesehatan mental seperti depresi juga dapat lebih mungkin terjadi pada individu dengan genggaman tangan yang lemah.

Halaman:

Editor: Husnul Khotimah


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah