Cahaya Zodiak Bisa Dilihat di Langit Setiap Subuh Hari Musim Gugur, Cobalah Melihat Zodiakmu!

- 31 Oktober 2021, 05:08 WIB
Cahaya zodiak subuh hari
Cahaya zodiak subuh hari /skyandtelescope.org

OKEJAMBI.COM - Bentuk cahaya zodiak Virgo yang indah dan lentikular memanjang ke meridian tenggara pada 18 Oktober 2021. Ini terbentuk dari partikel debu sebagian besar terletak di antara Bumi dan Mars di sepanjang bidang ekliptika yang memantulkan sinar matahari.

Pagi musim gugur tepat sebelum fajar menyingsing sempurna untuk mencari entitas tunggal terbesar dengan mata telanjang yang secara rutin terlihat di tata surya muncul cahaya zodiak. Ketika melihat senja pada titik langit 75°terlihat cahaya antarplanet dalam Bima Sakti musim dingin. 

Baca Juga: Ternyata Sepanjang Oktober 2021 Komet 29P Bergerak Aktif dengan Bantuan Gas Hidrokarbon Cair di Luar Angkasa

Penelitian baru menunjukkan bahwa sumber sebenarnya yang telah lama dianggap sebagai debu yang terguncang oleh komet dan dilepaskan selama tabrakan asteroid. Mungkin yang dimaksud adalah debu Mars.

Mekanisme yang sedang berlangsung untuk terus-menerus mengeluarkan material yang terus keluar dan mendorongnya untuk melepaskan diri masih belum diketahui. Pemandangan tercantik, terkeren, dan terhalus di langit masih dapat dinikmati dari mekanisme tersebut.

Baca Juga: Ukuran Uranus Ternyata Sebesar 4 Kali Diameter Bumi dan 2 Kali Ukuran Bulan Ganymede Jupiter

Waktu menonton terbaik Anda dimulai sekitar satu jam sebelum dan hingga fajar menyingsing selama 3–17 November 2021. Bonus! Tetaplah sampai dini hari pada tanggal 3 November 2021 dan Anda akan melihat konjungsi yang menakjubkan dari Bulan tua dan Merkurius.***

Editor: Anisa Nabilah Hidayati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network