Selama 2 Minggu Kedepan, Kita Akan Melihat Planet Uranus di Langit Tanpa Bantuan Teleskop, Berapa Jaraknya?

- 30 Oktober 2021, 12:22 WIB
Uranus dan Bumi
Uranus dan Bumi /skyandtelescope.org

OKEJAMBI.COM - Pada malam 4-5 November 2021 nanti, Uranus membentuk oposisi di sudut langit yang sepi di utara Cetus di Aries. Pada tanggal itu, Bumi dan Uranus berpasangan di sisi Matahari yang sama dan paling dekat untuk tahun itu. 

Uranus akan berdiri 2,8 miliar kilometer relatif dekat dari Bumi di oposisi. Untuk merasakan dahsyatnya jarak ini, seseorang dapat bepergian dengan kecepatan jalan bebas hambatan 80 mil per jam (sekitar 130 km/jam) dan akan tiba dalam waktu sekitar 2.550 tahun. 

Baca Juga: Mohamed Salah Akan Ditambahkan ke Kurikulum Sekolah Di Mesir

Dengan perjalanan yang tidak dapat dipertahankan, kami akan tetap menggunakan teropong dan teleskop sebagai gantinya. Pada akhir Oktober 2021, planet ini diperkirakan berdiri sekitar 20° di langit timur pada pukul 20:30 waktu siang hari setempat. Itu berubah menjadi 19:30 ketika kita kembali ke waktu standar pada 7 November 2021. 

Untungnya, Bulan tidak akan mengganggu sampai sekitar 9 November 2021, jadi selama dua minggu ke depan anda akan memiliki kesempatan untuk melihat Uranus tanpa bantuan optik. Pada magnitudo 5,7 ini tidak akan sulit dari langit pedesaan. 

Baca Juga: Biaya Yang Menggiurkan Akan Memaksa Man United Jika Menejemen Memecat Solskjaer

Kunci untuk menemukan planet ini adalah dengan menghubungkannya ke dalam pola dengan bintang-bintang terdekat lainnya. Peta di langit menunjukkan hubungannya dengan Mu (μ) Ceti dan bintang 38 Arietis, Sigma (σ) Arietis, dan Omicron (ο) Arietis, yang membentuk Y.

Uranus terletak tepat di sebelah barat asterisme ini. Pastikan untuk melihat secara langsung di planet ini. Ini menyelaraskan bagian paling sensitif malam hari dari retina anda dengan target anda. Dalam teropong Uranus seperti sepotong kue. 

Baca Juga: Target Pertama Antonio Conte Telah Siap Untuk Masa Depan Red Devil's

Halaman:

Editor: Anisa Nabilah Hidayati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network